Minggu, 24 Maret 2013

TAK TAHUNYA PENCURI


Pada suatu hari yang cerah, ada segerombolan Adit cs sedang nongkrong di bengkel Ujang. Pada saat itu juga ada seorang cewek cantik  yang sedang menuntun motor. Si Ujang pun mendekatinya dan bertanya :
Ujang    : “ Eneng, motornya kenapa ?“
Eneng   : “ Anu bang, ini motornya nggak bisa nyala.“
Ujang    : “ emang kenapa ? “
Eneng   : “masalahnya anu bang (sambil tengok sana – tengok sisni), aku ….. “
Ujang    : “ Eit, bentar dulu, biar abang yang njawab. Gini-gini abang kan bisa membaca pikiran orang.”
Eneng   :” eh, yang bener bang ! (matanya melotot karena kaget dan ketakutan)”
Ujang    :” eneng kok ekspresinya kaget gitu, ya enggaklah abang Cuma bercanda kok.”
Eneng   :” ohh…. (menghembuskan nafas lega).”
Ujang    :” Eh iya, mending ini dibawa aja kebengkel (sambil menunjuk bengkel).”
Eneng   :” oh iya.”
                Si Eneng, Ujang dan Si Motor pun menuju kebengkel. Ketika tiba di bengkel, Ujang disorakin rame-rame oleh teman-teman mereka.
Adit cs   :” huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu………………………………. “
Adit        :” cieelah Ujang, udah dapet mangsa nih (dengan ekspresi yang mengejek)”
Rio          :” Betul, betul, betul.”
Ujang    :” Apaan sih! ini tu namanya rejeki .”
Adit        :” rejeki hati apa rejeki uang ?”
Rio          :” Betul, betul, betul ?”
Ujang    :” hei, awas kamu ! (mengancam Adit)”
                Si Eneng pun hanya senyum-senyum dibuatnya.
Ujang    :” Maaf neng, mereka emang suka godain gitu.”
Eneng   :” Udahlah biarin aja. Sekarang, cepet perbaikin ni motor !”
Ujang    :” Mana kuncinya neng ?”
Eneng   :” lah, kan kuncinya ilang, makanya tolong perbaikin !”
Ujang    :” gimana bisa neng ? ini sih saya nggak bisa.”
Eneng   :” Gimana sih kamu ?! hah……. Udahlah (sambil mengambil motornya dan nylonong pergi dan tak lupa dengan acara tengok kanan dan tengok kiri)”
                Si Ujang dan teman-temannya hanya bisa bengong.
Adit        :” cewek itu siapa sih ? (sambil terus melihat Si Eneng berlalu)”
Ujang    :” Mana tahu saya. Kan saya juga baru ketemu dia tadi.”
Adit        :” Kayaknya bukan orang sini deh. Masalahnya aku baru lihat pertama kali. Ya, ini tadi.”
Rio          :” Betul, betul, betul.”
Ujang    :” Ah, nggak tahulah.Mungkin orang baru.”
Rio          :” Betul, betul, betul.”
Adit        :” Dari tadi cuma betul, betul, dan betul. Nggak bosen apa ? dan apa juga nggak ada kata lain   selain betul, betul, dan betul ? (sambil memonyong-monyongkan bibir)”
Rio          :” ini sudah ciri khas bro !”
Adit        :” ah, nggak kreatif !”
Beberapa menit kemudian Pak RT dan beberapa warga berlari-lari menuju kearah bengkel
Ujang.
Pak RT   :” Adik-adik semua, ada yang melihat cewek setinggi saya, memakai baju berwarna merah, dan membawa sepeda motor beat dengan warna biru ?”
Rio          :” oh, yang ceweknya setinggi bapak ?”
Pak RT   :” Ya…….”
Rio          :” Yang memakai baju warna merah ?”
Pak RT   :”Ya.”
Rio          :” Yang membawa sepeda motor Beat berwarna Biru ?”
Pak RT   :” IYA !!!!!!!! (sambil berteriak)”
Rio          :” Aduh pak, biasa aja kali. Nggak usah pakai acara teriak-teriakan.”
Pak RT   :” habis adiknya nggak njawab-njawab !”
Rio          :” oh itu tadi. Itu jawabannya ………………………….. aku nggak tahu pak. Hehehe “
Pak Rt   :” huuuuuu… dasar usil sama orang tua. Nanti kualat lagi !”
Rio          :” eh, jangan dong pak, kan Cuma bercanda J….”
Pak RT   :” iya deh. Gimana dengan adik-adik yang lain ?”
Ujang    :” eh, itu tadi kan ciri-ciri cewek yang ke bengkel tadi ! “
Adit        :” eh iya !”
Ujang    :” gini pak, tadi kami bertiga melihat cewek tersebut, emangnya ada apa ya pak ?”
Pak RT   :” mana, mana cewek tadi ? (sambil mencari-cari di sekitar bengkel tersebut)”
Adit        :” Udah pergi pak, malahan tadi dia mampir kesini dan mengasih semprot ke Ujang.”
Rio          :” semprot apa ? kan tadi dia marah-marah.”
Adit        :” ah, lola !”
Rio          :” lola itu siapa ?”
Adit        :” pacarmu !”
Rio          :” aku masih jomblo tau !”
Adit        :” tau ah gelap !”
Rio          :” he ?”
Pak RT   :” adik-adik, cewek tadi itu pencuri !”
Beberapa warga               :” Betul !!!”
Ujang, Adit, Rio :” HAH !!!!”
Pak RT   :” Iya, makanya saya dan beberapa warga ini mencarinya.”
Adit        :” jangan-jangan …………”
Pak RT   :” iya, dia mencuri motor saya yang masih baru.”
Ujang    :” Ya ampun, pantesan aja dia pura-pura kehilangan kunci motor !”
Adit        :” Kenapa bisa pak ? gimana ceritanya pak ?”
Pak RT :” ceritanya gini, ketika saya ada didepan teras sedang membaca Koran, dan ketika itu, saya sedang beristirahat karena selesai mencuci motor. Dan motor tersebut saya parkir di halaman paling depan. Nah, waktu itu saya melihat cewek tadi mondar mandir sambil melihat motor dan tengok kanan tengok kiri. Saya jadi curiga. Saya terus mengawasinya dari tempat duduk tempat saya membaca Koran. Ketika dia melihat kearah saya. Saya pura-pura tidak melihatnya melainkan sedang membaca Koran. Lalu, istri saya memanggil saya untuk mengambil kopi yang sudah dibuatnya didapur. Saya pun masuk kedalam rumah untuk mengambil kopi tersebut. Setelah kembalinya saya dari dapur tahu-tahunya motornya sudah lenyap bersamaan dengan hilangnya cewek tadi. Saya terus mencari-cari cewek tersebut, tetapi belum ketemu juga sampai saat ini.”
Ujang, Adit, Rio :” oh…………”
Adit        :” wah, pantesan saja waktu mau pergi, cewek tadi sempet tengok kanan tengok kiri. Ternyata takut kalau ketahuan.”
Ujang    :” iya, andai saja saya bisa membaca pikiran beneran, sudah ketangkep pencuri tadi.”
Rio          :” Membaca pikiran ?”
Ujang    :” ah, nggak.”
Pak RT   :” adik-adik, tadi ceweknya berjalan kearah mana ?”
Ujang    :” kesana pak, lurus terus belok kanan (sambil menunjuk jalan yang dilalui oleh cewek tersebut)”
Pak RT   :” oh ya, terimakasih adik-adik. Ayo, semuanya langsung mengejar dia.( mengajak beberapa warga) ”
Beberapa warga               :” baik pak.”
Adit        :” Pak RT, semoga cepat ketemu sepeda motornya sekalian dengan pencurinya ya pak ?”
Pak RT   :” iya dik, terimakasih. (sambil berlalu)”
Adit        :” Sama-sama. Kasihan Pak RT ya ?”
Rio          :” iya, kasihan banget.”
Adit        :” kamu nggak kasihan ? (sambil menengok kearah Ujang) ”
Ujang    :” sayang ya, cantik-cantik kok jadi pencuri L…”
Adit        :” eh, jangan-jangan kamu naksir ya ?”
Ujang    :” ee apaan sih ! nggak kok !!”
Adit        :”lha buktinya kenapa kamu sewot jang?”
Ujang    :” nggak kok !”
Rio          :” he ? apa ? sedot ?”
Ujang, Adit         :” huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu……………….. LOLA !”
Rio          :” lola itu siapa sih ?!”
                Mereka bertiga pun berkejar-kejaran. Tetapi disamping itu Ujang merasa kecewa, Rio merasa
Bingung, sedangkan Adit merasa harus mengoceh untuk mengejek Ujang. Itulah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar